Definisikan Fungsi untuk Menghitung Luas Bidang Persegi, Persegi Panjang, Segitiga, dan Lingkaran

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated


Fungsi untuk Menghitung Luas Bidang Geometri

Dalam matematika dan geometri, luas adalah ukuran yang menggambarkan seberapa besar suatu bidang tertutup. Ada beberapa bentuk bidang geometri yang umum digunakan, seperti persegi, persegi panjang, segitiga, dan lingkaran. Dalam kode program yang diberikan, kita akan mendefinisikan beberapa fungsi yang dapat menghitung luas dari masing-masing bentuk ini.

Mari kita bahas kode program yang diberikan:

def persegi(x):
    print('Luas Persegi dengan sisi %d adalah %d' % (x, x**2))

persegi(4)

Pada fungsi `persegi`, kita memiliki parameter `x` yang mewakili panjang sisi persegi. Di dalam fungsi, kita mencetak pesan yang menampilkan nilai `x` dan hasil perhitungan luas persegi menggunakan pernyataan `print()`. Luas persegi dihitung dengan mengkuadratkan panjang sisi, yaitu `x**2`.

def perpjg(x, y):
    print('Luas Persegi panjang dengan panjang %d dan lebar %d adalah %d ' % (x, y, x*y))

perpjg(3, 4)

Pada fungsi `perpjg`, kita memiliki parameter `x` dan `y` yang mewakili panjang dan lebar persegi panjang. Di dalam fungsi ini, kita mencetak pesan yang menampilkan nilai `x`, `y`, dan hasil perhitungan luas persegi panjang menggunakan pernyataan `print()`. Luas persegi panjang dihitung dengan mengalikan panjang dan lebar, yaitu `x*y`.

def triangel(a, t):
    print('Luas Segitiga dengan alas %d dan tinggi %d adalah %d' % (a, t, 0.5*a*t))

triangel(3, 4)

Pada fungsi `triangel`, kita memiliki parameter `a` dan `t` yang mewakili panjang alas dan tinggi segitiga. Di dalam fungsi ini, kita mencetak pesan yang menampilkan nilai `a`, `t`, dan hasil perhitungan luas segitiga menggunakan pernyataan `print()`. Luas segitiga dihitung dengan mengalikan setengah dari panjang alas dengan tinggi, yaitu `0.5*a*t`.

def lingkaran(r):
    print('Luas Lingkaran dengan jari-jari %d adalah %d' % (r, 3.14*(r**2)))

lingkaran(7)

Pada fungsi `lingkaran`, kita memiliki parameter `r` yang mewakili jari-jari lingkaran. Di dalam fungsi ini, kita mencetak pesan yang menampilkan nilai `r` dan hasil perhitungan luas lingkaran menggunakan pernyataan `print()`. Luas lingkaran dihitung dengan mengalikan pi (π) dengan kuadrat jari-jari, yaitu `3.14*(r**2)`.

Hasil dari kode diatas


Dengan menggunakan fungsi-fungsi ini, kita dapat dengan mudah menghitung luas dari berbagai bidang geometri. Fungsi ini memudahkan kita dalam melakukan perhitungan dan memberikan hasil luas dalam bentuk pesan yang jelas.

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara mendefinisikan fungsi untuk menghitung luas bidang persegi, persegi panjang, segitiga, dan lingkaran. Melalui kode program ini, kita dapat memahami konsep dasar penggunaan fungsi, parameter, dan operasi matematika untuk menghitung luas bidang geometri. Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan fungsi lain yang terkait dengan geometri atau dalam pemrograman Anda secara umum.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.