Fungsi Pangkat Tanpa Operator Pangkat dengan Python

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated


Pada saat memprogram, seringkali kita perlu menghitung hasil dari operasi pangkat (perpangkatan) dari sebuah bilangan. Operator pangkat (** atau pow()) pada Python memudahkan kita dalam melakukan perhitungan tersebut. Namun, bagaimana jika kita ingin membuat fungsi pangkat tanpa menggunakan operator pangkat?

Dalam artikel ini, kita akan membuat sebuah fungsi pangkat menggunakan bahasa pemrograman Python tanpa menggunakan operator pangkat. Kita akan menggunakan konsep rekursi untuk mencapai tujuan tersebut.

Berikut adalah implementasi fungsi pangkat tanpa operator pangkat dengan Python:

def pangkat(bilangan, pangkat):
    if pangkat == 0:
        return 1
    elif pangkat == 1:
        return bilangan
    else:
        return bilangan * pangkat(bilangan, pangkat - 1)

# Input bilangan dasar dan pangkat
bilangan_dasar = int(input("Masukkan bilangan dasar: "))
pangkat = int(input("Masukkan pangkat: "))

# Panggil fungsi pangkat dan cetak hasilnya
hasil = pangkat(bilangan_dasar, pangkat)
print("Hasil dari", bilangan_dasar, "pangkat", pangkat, "adalah:", hasil)

Dalam kode di atas, kita mendefinisikan fungsi `pangkat` yang menerima dua parameter: `bilangan` sebagai bilangan dasar dan `pangkat` sebagai pangkat yang diinginkan. Dalam implementasi ini, kita menggunakan pendekatan rekursif untuk menghitung hasil pangkat.

Fungsi `pangkat` memeriksa beberapa kasus dasar. Jika pangkat sama dengan 0, maka hasilnya adalah 1 karena bilangan apa pun dipangkatkan dengan 0 akan menghasilkan 1. Jika pangkat sama dengan 1, maka hasilnya adalah bilangan dasar itu sendiri.

Jika kedua kasus dasar tidak terpenuhi, maka kita mengalikan bilangan dasar dengan hasil pangkat dari bilangan yang sama dan pangkat dikurangi 1. Hal ini dilakukan secara rekursif hingga pangkat mencapai 1 atau 0.

Selanjutnya, kita mengambil input dari pengguna untuk bilangan dasar dan pangkat yang diinginkan. Kemudian, kita memanggil fungsi `pangkat` dengan parameter yang sesuai, dan hasilnya disimpan dalam variabel `hasil`. Akhirnya, kita mencetak hasilnya ke layar.

Sekarang, kita dapat menjalankan kode di atas dan mencoba beberapa contoh penggunaan fungsi pangkat tanpa operator pangkat:

Contoh 1:

Masukkan bilangan dasar: 2
Masukkan pangkat: 3
Hasil dari 2 pangkat 3 adalah: 8

Contoh 2:

Masukkan bilangan dasar: 5
Masukkan pangkat: 0
Hasil dari 5 pangkat 0 adalah: 1

Contoh 3:

Masukkan bilangan dasar: 4
Masukkan pangkat: 2
Hasil dari 4 pangkat 2 adalah: 16

Dengan menggunakan fungsi pangkat tanpa operator pangkat yang diimplementasikan di atas, kita dapat menghitung hasil perpangkatan dengan mudah menggunakan bahasa pemrograman Python. Fungsi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti dalam pemrosesan matematika, algoritma pemrograman, dan banyak lagi.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.