Himpunan Bilangan Asli Kurang dari 10 yang Merupakan Kelipatan 3 atau 5 adalah 3,5,6,9. Jumlah Seluruh Bilangan Tersebut adalah 23. Hitung Jumlah Seluruh Bilangan Asli yang Merupakan Kelipatan 3 atau 5 dan Kurang dari 1000.

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated


Menghitung Jumlah Bilangan Asli Kelipatan 3 atau 5 yang Kurang dari 1000


Dalam matematika, sering kali kita ingin mencari jumlah dari suatu himpunan bilangan yang memenuhi suatu kondisi tertentu. Dalam kasus ini, kita diberikan tugas untuk menghitung jumlah dari bilangan asli yang merupakan kelipatan dari 3 atau 5, dan bilangan-bilangan tersebut harus kurang dari 1000. Untuk menyelesaikan tugas ini, kita dapat menggunakan logika iterasi dan operasi matematika.

Mari kita bahas kode program yang diberikan:


def jml(x):
    tbh=0
    for i in range (1,x):
        if i%3==0 or i%5==0:
            tbh+=i
jml(1000)


Pertama, kita mendefinisikan sebuah fungsi bernama `jml` dengan parameter `x`. Fungsi ini akan menghitung jumlah bilangan asli kelipatan 3 atau 5 yang kurang dari nilai `x`.

Di dalam fungsi, kita menginisialisasi variabel `tbh` (singkatan dari "total") dengan nilai 0. Variabel ini akan digunakan untuk mengakumulasi jumlah dari bilangan-bilangan yang memenuhi kondisi.

Selanjutnya, kita menggunakan loop `for` dengan pernyataan `range(1, x)` untuk melakukan iterasi dari 1 hingga `x-1`. Hal ini dilakukan untuk memeriksa setiap bilangan dalam rentang tersebut.

Di dalam loop, kita menggunakan pernyataan `if` untuk memeriksa apakah bilangan tersebut adalah kelipatan dari 3 atau 5. Kondisi `i % 3 == 0` dan `i % 5 == 0` memastikan bahwa bilangan tersebut dapat dibagi dengan 3 atau 5 tanpa sisa.

Jika bilangan memenuhi kondisi tersebut, kita menambahkannya ke variabel `tbh` menggunakan pernyataan `tbh += i`. Ini berarti kita menambahkan nilai `i` ke total yang telah diakumulasi sejauh ini.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan dalam kode tersebut. Setelah menghitung total, kita tidak mengembalikan nilai `tbh` sebagai hasil dari fungsi. Oleh karena itu, hasil perhitungan tidak akan ditampilkan.

Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat menambahkan pernyataan `return tbh` di akhir fungsi `jml(x)` sehingga fungsi akan mengembalikan nilai `tbh` sebagai hasil perhitungan. 

Selain itu, kita juga perlu memanggil fungsi `jml(1000)` untuk menjalankan kode dan menampilkan hasilnya.


Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menghitung jumlah bilangan asli yang merupakan kelipatan dari 3 atau 5, dan bilangan-bilangan tersebut kurang dari 1000. Dengan menggunakan logika iterasi dan operasi matematika sederhana, kita dapat membuat program yang dapat menghitung jumlah dari himpunan bilangan tersebut. Anda dapat menggunakan pengetahuan ini untuk mengembangkan program-program lain yang melibatkan perhitungan jumlah bilangan dengan kriteria tertentu.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.